Resume: Fit For the Future


Fit For the Future: A Sharing of Experience
Pembicara: Ahmadsyah Alghozali Nugroho
International Oil Company, Netherlands




Ahmadsyah Alghozali Nugroho merupakan lulusan Teknik Informatika ITS yang sekarang bekerja sebagai Technical Data Consultant, Shell Global Solutions International. Sebelumnya beliau bekerja di beberapa perusahaan baik di luar negeri maupun dalam negeri. Sehingga beliau memiliki banyak pengalaman. Selain itu , beliau juga memiliki motto:

  • Where is a will, There is a way
  • If no way could be found, look at how strong the will is

Selain itu beliau juga memiliki prinsip "Man Jadda Wajadda": Barang siapa bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil.


Interest
Beliau juga berkata bahwa kita semua harus memiliki ketertarikan entah dengan apapun itu. Karena dengan adanya ketertarikan tersebut, kita tidak akan pernah melewatkan atau menyiayiakan kesempatan yang ada. Sehingga kita bisa maju dengan lebih cepat untuk mencapai apa yang kita inginkan.


Vision Board
Untuk membuatnya, pertama-tama gunakan gambar yang kuat dan relevan dalam mewakili perasaan, pengalaman, dan keinginan yang ingin dicapai. Kemudian, gunakan kalimat afirmasi, kutipan inspiratif, kata penyemangat, jargon, atau sekadar pemikiran singkat yang sesuai atau mendukung gambar. Selanjutnya, sangat penting untuk meletakkannya di tempat yang mudah terlihat atau sering dilalui, misalnya dinding di dekat tempat tidur, di dekat cermin, atau di dekat pintu keluar.


Job Training
Pada dunia kerja, sebaiknya pintar-pintar melihat suatu kesempatan (opportunity) yang ada. Jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan yang bagus dengan menolaknya, ataupun menerima kesempatan yang sebenarnya tidak ada interest sama sekali sehingga akhirnya malah membuang-buang waktu.


Generalist VS Specialist
* Generalist -> Kita bisa dan tahu semuanya tapi tidak mendalaminya (dalam hal bekerja)
* Specialist -> Kita bisa dan tahu di dalam satu hal tapi sangat mendalaminya (dalam hal bekerja)
Kita seharusnya jangan berpacu atau fokus ke generalist maupun specialist. Lebih baik jika kita fleksibel, menyesuaikan dengan apa yang dibutuhkan da mengikuti kebutuhan pasar. Walau memang untuk saat ini generalist lebih menguntungkan untuk kedepannya karena kebutuhan pasar akan terus berubah sesuai perkembangan zaman.


Communication Skill (Public Speaking)
Toastmaster International -> Dimana disitu terdapat sekelompok orang yang sama-sama belajar public speaking. Bagaimana cara kerjanya? Jadi di sana akan ada 1 orang yang berbicara di depan dan yang lainnya akan menilai apa saja kekurangan kita, apa yang harus diperbaiki, dan apa yang harus ditingkatkan


Leadership Skill
Tidak hanya mengenai bagaimana me-manage orang lain, memimpin orang lain, ataupun memiliki sifat bossy. Namun bagaimana cara kita untuk berkembang, memahami diri sendiri, dan bagaimana cara kita untuk memimpin diri sendiri. Jadi intinya kita harus menjadi diri sendiri. Jangan pernah mengikuti/ menjadi orang lain karena hal tersebut belum tentu cocok dengan kondisi kita.



Digital Transformation in 2020
  1. 5G For you and me

  2. A faster WiFi for a faster world

  3. Analytics are the competitive

  4. AI and Machine Learning become force multipliers for data analytics

  5. Blockchain moves beyond Crypto

  6. RPA catches a second wind

  7. Conversational AI become a legitimate inner face

  8. ACPs transform the laptop market forever

  9. Connected vehicles, autonomous drone and smart cities become our new reality

  10. Xaos, UX/ CX, and privacy: How technology adjacent Digital Transformation trends will take to center stage in 2020




















Komentar

Postingan populer dari blog ini

final projects rekayasa kebutuhan

EAS PBKK

Deskrispi Proyek